Integritas : Pengertian , Ciri Dan Manfaat

Integritas : Pengertian , Ciri Dan Manfaat

Integritas adalah konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan. Definisi lain dari integritas adalah suatu konsep yang menunjuk konsistensi antara tindakan dengan  nilai dan prinsip.

Dalam hal etika , integritas diartikan sebagai kejujuran dan  kebenaran dari tindakan seseorang. Sedangkan lawan dari integritas sendiri adalah hipocrisy (hipokrit atau munafik).

Seseorang dikatakan memiliki integritas jika tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya. Ciri seseorang yang memiliki integritas ditandai dengan oleh satunya kata dan perbuatan bukan seorang yang kata-katanya tidak dapat dipegang.

Seseorang yang memiliki integritas bukanlah orang yang memiliki banyak wajah dan penampilan yang  disesuaikan dengan motif dan kepentingan pribadinya. Integritas menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin agar dapat dipercayai oleh pegawai dan bawahannya. Biasanya pemimpin yang berintegritas dipercaya karena apa yang menjadi ucapannya juga menjadi  tindakannya.

Ciri-ciri Integritas

  • Orang yang tidak memakai kedok.
  • Orang yang bertindak sesuai dengan ucapan
  • Sama di depan dan dibelakang
  • Konsisten antara apa yang diimani dan kelakuannya
  • Konsisten antara nilai hidup yang dianut dan hidup yang dijalankan

Manfaat Integritas

  • Secara fisik kita akan merasa sehat dan bugar
  • Secara intelektual otak kita terlatih berpikir secara ilmiah
  • Secara emosional kita menjadi manusia yang termotivasi, mampu menyesuaikan diri terhadap situasi apa pun
  • Secara spiritual kita mampu memaknai berbagai pengalaman kita, mampu melihat berbagai fenomena kehidupan dalam perspektif yang lebih dalam, utuh dan menyeluruh
  • Secara sosial kita semakin mampu membangun hubungan kemanusiaan

Contoh Integritas

Ada seorang pegawai yang sangat dekat dengan atasannya atau bosnya. Pegawai ini dikenal sebagai pribadi yang jujur dan dianggap dapat dipercaya.

Hingga suatu hari terjadi sebuah masalah hebat dikantornya yang menimbulkan konflik antar pegawai lokal dan expatriate yang notabene adalah pejabat di kantor.

Merasa posisinya terancam , pegawai yang dikenal jujur ini berpihak pada penguasa kantor yang jelas jelas salah melanggan peraturan kantor dan merugikan pegawai lainnya. Dari masalah ini kita bisa melihat jika pegawai jujur ini tidak memiliki integritasi karena bertindak sesuai kepentingannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top